Kapolri Jenderal Tito Karnavian. MI/Susanto
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. MI/Susanto

Jumlah Polisi Terjerat Narkoba Meningkat

Nasional kasus narkoba
Dian Ihsan Siregar • 27 Desember 2018 19:17
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut anggota polisi yang mengonsumsi narkoba meningkat sepanjang tahun ini. Total ada 297 anggota polisi kedapatan menggunakan narkoba sepanjang 2018.
 
"Pelanggaran disiplin berupa polisi mengkonsumsi narkoba meningkat sekitar 2,8 persen," kata Tito di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.
 
Pada 2017, kata dia, ada 289 anggota polisi yang menggunakan narkoba. Sebanyak 76 anggota diproses pidana. Sedangkan tahun ini, total ada 244 anggota polisi yang dijerat pidana akibat narkoba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelanggaran pidana narkoba meningkat 221 persen dibanding 2017," ucap Tito.
 
Baca: Jumlah Kejahatan Menurun di 2018
 
Tito mengatakan, meningkatnya angka tersebut akibat upaya proaktif pimpinan polri menyisir anggotanya yang diduga terkait narkoba. Menurut Tito, peningkatan terjadi lantaran ada ketegasan dalam menindak segala bentuk pelanggaran terkait barang haram itu.
 
"Tanpa ada pengecualian, bila hal itu dilakukan juga oleh polisi," ucap Tito.
 
Baca: Polri Selamatkan Rp2,3 Triliun Uang Negara
 
Selain narkoba, Mantan Kapolda Metro Jaya itu menyebutkan ada juga pelanggaran pidana lain yang kedapatan dilakukan oleh anggota polisi. Misalnya, tindak asusila, penipuan, pencurian, dan pencabulan.
 
"Kasus zina ada enam orang, penipuan empat orang, dan pencurian itu ada enam orang. Pencabulan ini meningkat dari 2017, dari satu orang menjadi tiga orang." beber Tito.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif