Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.

KPK Periksa Kekayaan 3 Kepala Daerah di Jambi

Nasional pencegahan korupsi
Ilham Pratama Putra • 04 Maret 2019 10:14
Jakarta: Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) memeriksa harta kekayaan tiga kepala daerah di Jambi. Ketiga pejabat itu adalah Bupati Kerinci Adirozal, Bupati Batang Hari Syahirsah, dan Wali Kota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri.
 
"Tim KPK ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) terhadap penyelenggara negara di daerah Jambi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin 3 Maret 2019.
 
Febri mengatakan, tidak ada masalah dalam pemeriksaan itu. Hal itu tindakan yang wajar sebagai upaya pencegahan korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagai proses pemeriksaan, KPK akan melakukan klarifikasi beberapa informasi terkait kekayaan penyelenggara negara. Ini sebagai upaya pencegahan korupsi," kata Febri.
 
Febri menjelaskan, jika terdapat kekurangan informasi kekayaan yang dilaporkan, para pejabat diharapkan dalam proses pemeriksaan itu dapat melengkapi.
 
Baca: Upaya Jokowi Memberantas Korupsi
 
Pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap pejabat daerah di Jambi tidak berhenti di tiga kepala daerah itu. Pemeriksaan akan berlanjut ke 11 pejabat daerah lainnya hingga dua hari ke depan.
 
Febri berharap para pejabat daerah terbuka melaporkan kekayaannya. Hal itu penting agar tidak menimbulkan kecurigaan masyarakat.
 
"Keterbukaan terhadap masyarakat merupakan keniscayaan bagi pejabat publik. Jangan sampai ada kekayaan yang disembunyikan. Kami percaya, ada itikad baik untuk melaporkan kekayaan tersebut semaksimal mungkin," kata Febri.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif