Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian saat memberikan kuliah tentang penanggulangan terorisme, di Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Rabu 23 januari 2019. Istimewa
Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian saat memberikan kuliah tentang penanggulangan terorisme, di Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Rabu 23 januari 2019. Istimewa

Kapolri: Penanggulangan Terorisme Junjung Supremasi Hukum & HAM

Nasional terorisme
23 Januari 2019 18:45
Jakarta: Terorisme termasuk kategori kejahatan luar biasa yang mestinya dilawan dengan cara-cara yang luar biasa pula. Meski begitu dalam penanggulangannya, kepolisian memastikan menjunjung tinggi supremasi hukum dan nilai-nilai hak asasi manusia (HAM).
 
“Pendekatan penegakan hukum telah berhasil merebut simpati publik kepada Pemerintah negara dalam upaya penanggulangan terorisme,” kata Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnaviansaat memberikan kuliah tentang penanggulangan terorisme, di Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Rabu 23 januari 2019.
 
Tito menjelaskan,pendekatan penegakan hukum dinilai tepat diterapkan di Indonesia dalam iklim demokrasi yang menjunjung tinggi supremasi hukum dan nilai-nilai HAM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan itu Tito juga menyampaikan dua strategi penanggulangan terorisme di Indonesia. Menurut Tito penanggulangan terorisme di Indonesia menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan hard power dan soft power.
 
Hard power yaitu penegakan hukum secara tegas, profesional dan menunjunjung tinggi nilai-nilai HAM. Sementara soft power berupa deradikalisasi, kontraideologi, kontraradikalisasi, netralisasi saluran penyebaran ideologi radikal serta netralisasi situasi kondusif terhadap penyebaran ideologi radikal.
 
“Kombinasi antara pendekatan hard power dan soft power tersebut juga dinilai berhasil dan telah menarik berbagai negara asing dan lembaga internasional,” ujar mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini.
 
Saat ini sambung Tito, Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang dinilai berhasil mengatasi permasalahan terorisme dengan cara-cara terhormat dan bermartabat di mata dunia.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi