Jaksa Agung M Prasetyo berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jaksa Agung M Prasetyo berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

Prasetyo Enggan Berkompromi dengan Jaksa Korup

Nasional kasus korupsi
Nur Azizah • 21 Juli 2019 10:29
Jakarta: Jaksa Agung M Prasetyo menegaskan tak ada lagi ampun bagi jaksa yang nekat menggadaikan jabatannya. Hal ini dia ungkapkan saat disinggung soal kasus suap di jajaran kejaksaan yang masih terus bertambah.
 
Prasetyo mengaku tidak akan pernah kompromi dengan perbuatan-perbuatan menyimpang. Oknum yang terbukti menerima suap harus dihukum.
 
"Kalaupun ada yang melakukan itu, ya tentunya harus ditindak. Kejaksaan dalam hal ini Jaksa Agung tidak akan pernah ada kompromi untuk perbuatan menyimpang jaksa yang ada selama ini," kata Prasetyo di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 21 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prasetyo mengaku sudah sering memperingati seluruh jajarannya untuk profesional dan menjaga integritas. Mereka harus bekerja secara objektif dan disiplin.
 
"Tapi kita selalu memberikan arahan, instruksi, dan perintah untuk benar-benar menjaga integritas, meningkatkan disiplin, dan profesionalitas agar terhindar dari penyimpangan," ujar dia.
 
Baca: KPK Periksa Tiga Saksi terkait Suap Kejati DKI
 
Kendati begitu, Prasetyo tidak bisa memelototi satu per satu jajarannya. Dia pun meminta kasus seorang oknum tak digeneralisasikan terhadap seluruh jaksa.
 
"Kami punya 10 ribu lebih jaksa. Jadi, kalau ada satu atau dua orang yang melakukan hal-hal yang menyimpan itu adalah oknum. Kita selalu melakukan penertiban dan perbaikan," pungkas dia.
 
Sementara itu, berdasarkan data dari Indonesia Corruption Watch (ICW), sedikitnya ada tujuh jaksa telah ditangkap KPK selama kurun 2004-2018. ICW menilai hal ini menandakan sistem pengawasan di internal kejaksaan belum maksimal.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif