Suasana Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Medcom.id/Roni Kurniawan (P Aditya Prakasa)
Suasana Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Medcom.id/Roni Kurniawan (P Aditya Prakasa)

Kemenkumham Serius Benahi Pengelolaan Lapas Sukamiskin

Nasional setya novanto
Aditya Prakasa • 15 Juni 2019 01:51
Bandung: Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM) Jawa Barat Liberty Sitinjak serius membenahi pengelolaan lembaga pemasyarakatan Sukamiskin. Terkait pelesir terpidana korupsi KTP-el Setya Novanto, Liberty meminta maaf pada publik.
 
"Bahwa yang terjadi hari ini adalah murni kelemahan dan kesalahan kami," kata Liberty di Lapas Sukamiskin Bandung Jumat 14 Juni 2019 malam.
 
Baca Juga:Novanto Dipindahkan ke Lapas Napi Teroris

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas kelalaian itu, pihaknya memindahkan Novanto ke lapas Gunung Sindur, Bogor. Selain efek jera, pemindahan itu diharapkan bisa memberi pengawasan maksimal. Mengingat lapas tersebut biasa menangani napi teroris.
 
"Kondisinya sangat berbeda, Lapas Gunung Sindur maximum security," kata Liberty.
 
Terpidana korupsi KTP elektronik Setya Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, dari Lapas Sulamiskin Bandung. Hal itu menyusul beredarnya foto Setnov mengunjungi toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 14 Juni 2019.
 
Baca Juga:Petugas Lapas Pengawal Setnov Terancam Dipecat
 
Dari pantauan wartawan, Setnov keluar dari sel sekitar pukul 22.30. Tidak banyak barang bawaan yang dibawanya, tampak seorang petugas hanya membawa satu tas jinjing dan langsung masuk ke mobil ambulan Lapas Sukamiskin.
 
"‎Di Lapas Gunung Sindur belum tentu tiap pagi dibuka (kamar sel), harus lihat dulu kondisinya bagaimana tahanannya. Di Lapas Gunung Sindur super ketat. Kalau di Lapas Sukamiskin kan tiap pagi dibuka, warga binaan bisa bersosialisasi," ucap Liberty
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif