Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MI
Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MI

KPK Selisik Dugaan Gratifikasi di Kasus Korupsi Proyek Banjar

Nasional kpk kasus korupsi
Fachri Audhia Hafiez • 07 Januari 2021 15:31
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan gratifikasi dalam kasus dugaan korupsi proyek pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, Jawa Barat. Informasi itu diulik melalui wiraswasta, Dadang.
 
"Didalami adanya dugaan gratifikasi ke pihak-pihak tertentu di Pemkot Banjar yang terkait dengan perkara ini," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis, 7 Januari 2022.
 
Dadang juga diminta menjelaskan proyek pekerjaan yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kota Banjar. Diduga kuat, ada kongkalikong dalam pelaksanaan pekerjaan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyidik memeriksa saksi lain, yakni teller Bank Jabar Banten (BJB) cabang Banjar, Hilman Sembada. Dia dikonfirmasi terkait adanya dugaan transaksi perbankan dari pihak-pihak tertentu dalam perkara ini.
 
"Saksi selanjutnya, yakni Komisaris PT Panca Boga Nugraha, Boniyem, didalami pengetahuannya terkait aktivitas usaha dari pihak yang terkait dengan perkara ini," jelas Ali.
 
Baca: Penyuap Nurhadi Segera Diadili
 
KPK belum mengungkap detail perkara yang masih dalam tahap penyelidikan ini. Lembaga Antikorupsi akan membeberkan seluruh informasi terkait korupsi di Banjar setelah adanya penetapan tersangka dan penahanan.
 
Penyidik masih mengumpulkan bukti dan memeriksa sejumlah saksi terkait kasus ini. Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih beberapa kali dipanggil penyidik untuk memberikan keterangan.
 
Sejumlah saksi lain yang diperiksa ialah pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, legislator Kota Banjar, dan pihak swasta. Penyidik juga menggeledah beberapa tempat seperti Pendopo Wali Kota Banjar.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif