Ilustrasi Densus 88/Medcom.id
Ilustrasi Densus 88/Medcom.id

Usulan Pembubaran Densus 88 Dinilai Tak Tepat

Nasional terorisme polri densus 88 Pembubaran Densus Menyesatkan Usulan Pembubaran Densus 88
Media Indonesia.com • 15 Oktober 2021 21:44
Jakarta: Guru Besar Universitas Indonesia Hamdi Muluk mengkritik usulan pembubaran Detasemen Khusus (Densus) 88 oleh politikus Gerindra Fadli Zon. Menurut Hamdi, usulan itu tidak tepat.
 
"Kita tegaskan itu keliru bahkan berbahaya yang mengatakan Densus itu tidak penting dan harus dibubarkan," kata Hamdi dalam diskusi virtual bertema Kenapa Densus 88 Penting? Jumat, 15 Oktober 2021.
 
Di sisi lain, Hamdi melihat usulan Fadli Zon bertentangan dengan Surat Keputusan Kapolri Nomor 30/VI/2003 pada 20 Juni 2003. Peraturan yang mendasari pembentukan Densus 88 itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kompolnas Sebut Upaya Pembubaran Densus 88 Menyesatkan
 
"Kalau ada narasi seperti itu Densus dibubarkan itu memang melanggar undang-undang. (Densus) Tidak bisa dihilangkan," ujar dia.
 
Selain Hamdi, perwakilan Persaudaraan Aktivis dan Warga Nusantara (Pandawa Nusantara) Johan Aristya Lesmana berpandangan serupa. Menurut Johan, aneh jika ada yang ingin membubarkan Densus. 
 
Sebab, komponen Polri itu merupakan ujung tombak pemberantasan terorisme di Indonesia. Jika dibubarkan, maka bakal berbahaya bagi negara.
 
Anggota DPR dari Fraksi PPP Arsul Sani menambahkan perlunya penguatan Densus 88. Arsul mengusulkan pengembangan Densus menjadi direktorat khusus di Polri.
 
"Harus ada satuan khusus penanggulangan terorisme terkait hard approach. Yang mungkin ditingkatkan satuan sekarang Densus 88 bisa saja jadi korp penanggulangan atau penindakan terorisme. Korp itu Brimob, korp Lalu Lintas," kata Arsul.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif