Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Besok, Polisi Periksa 3 Saksi Terkait Kerumunan di Megamendung

Nasional Virus Korona protokol kesehatan Muhammad Rizieq Shihab
Siti Yona Hukmana • 30 November 2020 19:14
Jakarta: Polda Jawa Barat (Jabar) mengagendakan pemeriksaan tiga saksi terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jabar. Pemeriksaan ini untuk menyusun konstruksi hukum sebelum penetapan tersangka.
 
"Terkait penyidikan di Polda Jabar bahwasannya rencananya untuk besok Selasa, 1 Desember 2020, penyidik akan memanggil tiga saksi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 30 November 2020.
 
Ketiga saksi itu adalah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, Agus Ridho, Kabid Tibum Satpol PP Kabupaten Bogor, Teguh Sugiarto, dan anggota Satpol PP Bogor. Ketiga saksi itu diharapkan menghadiri pemeriksaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Polisi Segera Panggil Rizieq Shihab Terkait RS Ummi dan Megamendung
 
Penyidik Polda Jabar menemukan dugaan unsur pidana dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan saat peletakan batu pertama di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI, Desa Kuta, Megamendung, Kabupaten Bogor. Kegiatan yang dihadiri Rizieq Shihab itu dinilai menghalang-halangi upaya penanggulangan wabah dan penyelenggara kekarantinaan kesehatan. Hal itu diatur dalam Pasal 14 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.
 
Dari proses klarifikasi terhadap saksi, kegiatan itu tidak disertai surat pernyataan kepada Satgas Covid-19 untuk mematuhi protokol kesehatan. Dalam aturannya, kegiatan boleh dilakukan maksimal selama 3 jam, dan penyelenggara harus membuat surat pernyataan wajib mematuhi aturan.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif