Ilustrasi kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di JPO Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. MI/Pius Erlangga
Ilustrasi kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di JPO Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. MI/Pius Erlangga

800 Kendaraan Terjaring Tilang Elektronik dalam Sehari

Nasional polri tilang tilang elektronik
Candra Yuri Nuralam • 24 Januari 2021 19:35
Jakarta: Polisi mengeklaim penggunaan sistem electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik cukup efektif. Sebanyak 800 kendaraan dapat terjaring e-TLE dalam sehari.
 
"Setiap hari kami mengirim surat tilang ke rumah-rumah pelanggar itu kurang lebih antara 600-800 tilang per hari," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Sambodo Purnomo Yogo, dalam keterangan tertulis, Minggu, 24 Januari 2021.
 
Sambodo menyebut sistem tilang elektronik bisa meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berkendara. Kepolisian akan terus menerapkan sistem ini dalam menindak pengendara yang membandel di jalan raya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sambodo mengakui sistem tilang elektronik belum sempurna. Belum semua pelanggaran bisa ditindak.
 
"Hanya pelanggaran tertentu saja, misalnya menggunakan handphone, melanggar stop line, melanggar lampu merah, tidak pakai shift belt. Tentu ini akan kita kembangkan, kamera ini juga bisa menangkap pelanggaran-pelanggan lainnya," katanya.
 
Baca: Zaman Kapolri Listyo, Istilah 'Uang Damai', 'Bayar di Tempat,' Bye-bye
 
Kapolri terpilih, Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo menyampaikan tidak ingin ada lagi anggota polantaas yang menilang masyarakat di jalan raya. Sebab, sudah ada kamera e-TLE. 
 
"Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri, khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota kita di lalin (lalu lintas)," kata Listyo saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri di Ruang Sidang Komisi III DPR, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021. 

 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif