Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

Polda Maluku Pecat 9 Anggotanya Selama Tahun 2018

Nasional polisi
Sunnaholomi Halakrispen • 02 Januari 2019 08:29
Ambon: Sembilan anggota polisi Polda Maluku diberhentian dengan tidak dengan hormat (PTDH) selama tahun 2018. Sebanyak sembilan anggota tersebut dipecat karean pelanggaran berat.
 
"Pokoknya kalau anggota yang melakukan pelanggaran hukum tetapi tidak ditindak tegas sangat merugikan kesatuan. Karena nanti juga diprotes oleh anggota saya yang baik-baik," ujar Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa di Ambon seperti dilansir dari Antara, Selasa, 1 Januari 2019.
 
Royke menekankan, dirinya sebagai pimpinan Polda Maluku tidak akan segan-segan memberikan sanksi. Sebagian besar anggota yang baik pun akan menuntut agar anggota yang melakukan pelanggaran dikenakan sanksi hukum tegas. "Ketika pimpinan membela anggota yang salah, di situlah pintu gerbang kegagalan kesatuan akan terbuka," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemberian sanksi juga sebagai apresiasi kepada anggota yang tidak membuat pelanggaran. Mulai dari penegakan disiplin hingga pelanggaran pidana.
 
Namun, penanganan kasus anggota yang melakukan pelanggaran belum tuntas, khususnya sekitar 87 kasus yang terlibat narkoba. Royke menyampaikan, dibutuhkan waktu karena ditangani secara perlahan.
 
Baca: KPK Bantu Polda Maluku Tuntaskan Empat Kasus Korupsi
 
Meskipun demikian, kata Royke, masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, ia berkomitmen menindak tegas siapapun anggota di bawah jajarannya, yang melanggar hukum kepolisian.
 
Sementara itu, terkait kasus mantan Kasat Narkoba Polres Seram Bagian Barat akan tetap dilanjutkan lebih cepat proses hukumnya. Walaupun sempat mengajukan pensiun diri, hal tersebut tidak disetujui Royke.
 
"Enak sekali membuat pelanggaran, foya-foya dan dapat duit dari situ. Lalu kita yang terima gaji pas-pas kerja lurus lalu tidak dapat ganjaran. Jadi komitmen saya, pasti menindak yang melanggar," pungkasnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi