Suap Proyek di Pakpak Bharat Dibongkar KPK

Juven Martua Sitompul 18 November 2018 13:04 WIB
ott kpk
Suap Proyek di Pakpak Bharat Dibongkar KPK
Lambang KPK. Foto: MI/Panca Syurkani.
Jakarta: Kepala daerah di Sumatra Utara (Sumut) ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia diduga terlibat suap terkait suap proyek Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pakpak Bharat, Sumut.

"Ada giat dini hari tadi di Medan (Sumut) dan Jakarta," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Minggu, 18 November 2018.

Menurut dia, KPK juga meringkus kepala dinas setempat, pegawai negeri sipil, dan pihak swasta. Dua orang ditangkap di Jakarta dan empat di Medan. 


Dia menjelaskan pihak yang ditangkap di Jakarta sudah diberada di Gedung KPK untuk diperiksa intensif. Sementara itu, pejabat yang ditangkap di Medan sedang dalam perjalanan ke Jakarta.

"Empat orang yang diamankan di Medan mulai pukul 24.00 sampai pukul 03.00 dini hari, termasuk kepala daerah (bupati) akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta melalui penerbangan pukul 11.00 ini," jelas dia,

Baca: OTT Makin Marak di Tahun Politik

KPK, kata dia, menduga sang kepala dearah menerima uang beberapa lagi dari transaksi haram ini. Total uang yang diterima mencapai ratusan juta rupiah.

"Sebagian dari uang tersebut diamankan tim dan akan dibawa ke Jakarta," jelas dia.

Sesuai KUHAP, lanjut Agus, KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak yang ditangkap. Nasib mereka akan disampaikan KPK setelah pemeriksaan intensif selesai. 





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id