Petani tembakau (Foto:MI/Immanuel Antonius)
Petani tembakau (Foto:MI/Immanuel Antonius)

RUU Pertembakauan Diharapkan Menjamin Kesejahteraan Petani

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 02 Juli 2019 17:45
Jakarta: DPR RI tengah membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertembakauan. Salah satu fokus pembahasan yaitu soal jaminan kesejahteraan petani tembakau.
 
Anggota Panitia Khusus (Pansus) RUUPertembakauanCucun Ahmad Syamsurijal berharap aturan ini dapat menjamin kesejahteraan petani tambakau. Jangan sampai kontribusi industri tembakau terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan petani.
 
"Banyak di antara mereka yang hidupnya masih memprihatinkan," kata Cucun, di sela kunjungan Pansus RUU Tembakau ke Kudus, Jawa Tengah, seperti dikutip Dpr.go.id, Selasa, 2 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PKB itu mengungkapkan, kondisi tersebut diperparah dengan turunnya serapan tembakau lokal. Kondisi ini terjadi akibat peralihan dari industri kretek ke rokok putih yang kandungan tembakau lokalnya sedikit.
 
"RUU ini sebagai salah salah satu upaya kami melindungi industri pertembakauan dalam negeri dari hulu ke hilir. Termasuk para petani tembakau yang belakangan ini nasibnya sungguh kurang beruntung," ujar dia.
 
Politikus PKB itu pun meminta masukan dari berbagai pihak agar produk UU yang dihasilkan bisa memberikan jaminan kepada seluruh pihak yang berkaitan dengan industri tembakau.
 
"Diharapkan, pembahasan terkait RUU Pertembakauan selesai sebelum akhir masa bakti DPR RI periode ini," ujar dia.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif