Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Polri Jamin Situasi Indonesia Kondusif

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Cindy • 23 Mei 2019 14:38
Jakarta: Polri menjamin situasi Indonesia sudah kondusif. TNI dan Polri juga saat ini masih berjaga di sejumlah titik vital di ibu kota.
 
"Situasi secara nasional sangat kondusif untuk hari ini. Untuk wilayah Jakarta hari ini tidak ada elemen masyarakat yang turun ke jalan, artinya untuk melakukan demo," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Dedi mengatakan sebanyak 58 ribu personel TNI-Polri dikerahkan untuk tetap mengamankan wilayah Jakarta. Fokus pengamanan ada di beberapa titik, seperti Kantor Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Istana Negara, Gedung DPR MPR, dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"MK sudah menjadi fokus pengamanan saat ini," ucap Dedi.
 
Aparat keamanan juga turut mengamankan sentra-sentra ekonomi seperti mal, pasar tradisional, dan bank. Kantor-kantor kedutaan besar negara sahabat juga turut dijaga.
 
Dedi mengakui sempat ada kericuhan di beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Jawa Timur, Papua, dan Kalimantan Barat. Namun, semua sudah bisa diatasi.
 
"Wilayah Sumatera Utara ada perusakan kendaraan roda empat masih didalami. Kemudian di Jawa Timur ada kasus pembakaran polsek di Sampang, hari ini akan dirilis," ucap Dedi.
 
Adapula kasus pembakaran yang dilakukan oleh warga di Paniai, Papua, serta pembakaran dan perusakan dua pos lalu lintas di Pontianak, Kalimantan Barat. Polisi juga masih menyelidiki kasus tersebut.
 
"Sudah berhasil diamankan 38 hari pertama, sedang dimintai keterangan. Dan hari tambahan lagi 18 (orang) yang diamankan terkait perusakan dan pembakaran terhadap pos lalu lintas," imbuhnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif