Wakil Ketua MPR Arsul Sani. Foto: Medcom.id/Cindy
Wakil Ketua MPR Arsul Sani. Foto: Medcom.id/Cindy

Kinerja OJK Dipertanyakan

Nasional Jiwasraya
Cindy • 14 Januari 2020 18:58
Jakarta: Kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi lembaga dan perusahaan keuangan dipertanyakan. OJK mestinya bisa mengendus indikasi penyelewengan dana sebelum kasus mencuat ke publik.
 
"Lah kok itu bisa terjadi terus menerus memuncak di 2016. OJK selama ini tidak menyampaikan peringatan dini kepada pihak-pihak terkait," ujar Wakil Ketua MPR Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Dia mencontohkan kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan penempatan investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke sejumlah tempat tak memberikan pendapatan kepada perusahaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebut publik mesti meminta pertanggungjawaban OJK. Arsul menilai OJK lalai dalam tugas sehingga menimbulkan kerugian negara.
 
"Saya kira kalau dia (OJK) tidak melaksanakan tugasnya ya kita harus kaji. Apakah bisa diproses secara pidana ya kita kaji dulu," ucap Arsul.
 
Persoalan yang dihadapi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bermula dari tekanan likuiditas program JS Saving Plan. JS Saving Plan merupakan produk bancassurenace yang memberikan manfaat asuransi jiwa berupa santunan meninggal, bukan karena kecelakaan atau cacat tetap total karena kecelakaan.
 
Sebagian besar dana yang dikumpulkan dari program JS Saving Plan diinvestasi ke pasar saham (repo saham) dan reksa dana. Repo saham (repurchase agreement) merupakan pinjaman yang diberikan dengan agunan berupa saham dengan suku bunga cukup tinggi, karena risiko tinggi.
 
Kondisi pasar yang fluktuatif menyebabkan return saham cenderung menurun dan menyebabkan kondisi keuangan Jiwasraya tertekan.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif