Terduga Teroris di Cianjur bakal Serang Mako Brimob

Kautsar Widya Prabowo 13 Mei 2018 14:19 WIB
terorisme
Terduga Teroris di Cianjur bakal Serang Mako Brimob
Ilustrasi Terorisme - Medcom.id
Jakarta: Densus 88 Anti Teror Mabes Polri menembak mati empat terduga teroris di Terminal Pasar Hayam, Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 13 Mei 2018. Keempatnya bakal melakukan penyerangan di sejumlah tempat. 

"Keterlibatan mereka melakukan idad dan latihan semi militer di Sukabumi. Mereka merencanakan penyerangan ke pos polisi, kantor polisi di Jakarta, Bandung dan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok" beber Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto dalam konfrensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Minggu, 13 Mei 2018. 

Setyo mengungkapkan keempatnya merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jabodetabek pimpinan K dan DS. Keduanya merupakan napi teroris. 


Dia menambahkan keempatnya merencanakan penyerangan dengan cara hit and run menggunakan pistol serta bom yang diletakkan di ujung panah.

"Jadi ketika panah dilepas meledak," tutur dia. 

Keempatnya yakni BN, 20, warga Kuningan; DCN, 23, warga Kebumen, Jateng; AR, 33, warga Pekalongan, Jateng; dan S, 24, warga Kotabumi Utara, Lampung Utara. Gerak-gerik keempatnya sudah diikuti sejak dari Sukabumi. 

Mereka berada dalam satu mobil Honda Brio bernomor polisi F 1614 UZ. Setyo menyebut di perempatan pasar, keempatnya mengetahui tengah dibuntuti. 

"Tak mau target lepas, petugas langsung lakukan pengejaran. Saat dikejar pelaku melawan dengan mengacungkan senjata api yang dibawa. Polisi melakukan tindakan tegas, keempat tertembak karena melakukan perlawanan," tambah Setyo.

Dari penangkapan itu, polisi menyita kartu identitas, ponsel, kartu ATM, dua senjata api. 
 



(REN)