Kejaksaan Agung Kirimkan Nama Jaksa Senior ke KPK
Jaksa Agung M Prasetyo. Medcom.id/Lukman Diah Sari.
Jakarta: Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan telah mengirimkan jaksa senior untuk membantu kekurangan jaksa penuntut di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Kita tergerak untuk mengirimkan sebagai bentuk partisipasi terhadap upaya memperkuat dan melestarikan KPK," kata Jaksa Agung Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat, 8 Juni 2018.

Prasetyo mengatakan, hal ini merupakan tindak lanjut atas permintaan KPK sebelumnya. Lembaga antirasuah mengaku membutuhkan jaksa senior untuk jaksa penuntutan.


Ia mengatakan kini proses itu tengah berjalan. Prasetyo menyebut, pihaknya telah mengirimkan sejumlah nama jaksa kepada KPK.

"Sekarang masih berjalan prosesnya. Dulu kan juga itu kan deputinya diisi dari Kejaksaan juga, tapi sekarang mereka minta lagi, ya kami kirimkan nama-nama, terserah dipilih atau tidak itu urusan dia," kata Dia.

Sebelumnya pada akhir Mei 208 yang lalu Ketua KPK Agus Rahardjo sempat meminta jaksa kepada kejaksaan Agung. Sebab pada Agustus mendatang tercatat ada lima JPU yang sudah berdinas selama 10 tahun sehingga harus kembali ke Kejaksaan Agung. 

Dengan demikian, total jaksa di KPK tinggal 80 orang. Namun, KPK merasa jumlah tersebut masih kurang dan meminta agar ditambahkan 60 jaksa lagi. 



(DMR)