Konferensi pers pimpinan KPK terkait pemecatan pegawai KPK yang gagal di TWK menjadi ASN, Rabu, 15 September 2021. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Konferensi pers pimpinan KPK terkait pemecatan pegawai KPK yang gagal di TWK menjadi ASN, Rabu, 15 September 2021. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

KPK Ogah Tunggu Batas Akhir untuk Pecat Pegawai Gagal TWK

Nasional KPK birokrasi pns reformasi birokrasi ASN
Candra Yuri Nuralam • 15 September 2021 16:56
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberhentikan dengan hormat 57 pegawai yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi aparatur sipil negara (ASN) pada Kamis, 30 September 2021. Lembaga Antikorupsi enggan menunggu batas maksimal pemecatan pegawai.
 
"Namanya paling lama bisa dua tahun, kalau cepat ya alhamdulillah," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 15 September 2021.
 
Menurut dia, langkah itu diambil berdasarkan Pasal 69 b dan Pasal 69 c Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Beleid itu menyebut seluruh pegawai KPK harus berstatus ASN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 57 Pegawai KPK yang Gagal TWK Dipecat Akhir Bulan Ini
 
KPK sejatinya diberi waktu sampai Minggu, 31 Oktober 2021, untuk menyelesaikan alih status pegawai. Namun, peralihan status rampung sebelum 31 Oktober sehingga pemecatan pegawai yang gagal dalam TWK tidak perlu menunggu batas akhir.
 
"Jadi ini bukan percepatan, tetapi ini dalam durasi yang dimandatkan dalam undang-undang," ujar Komisioner KPK itu.
 
Ghufron menegaskan pemecatan ini tidak melanggar hukum. Lembaga Antikorupsi percaya diri melepas pegawai lebih awal setelah Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) menguatkan keabsahan TWK pegawai KPK.
 
"Kedua lembaga itu juga telah memutuskan dan kami enggak lanjuti dengan rapat dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian PANRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," tutur Ghufron.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif