Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Medcom.id/Fachri
Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Medcom.id/Fachri

PT SMS Diduga Keluarkan Uang untuk Tersangka Tanpa Kejelasan Dokumen

Candra Yuri Nuralam • 01 Desember 2022 14:43
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga PT SMS mengeluarkan uang tanpa adanya kejelasan dokumen. Duit itu untuk tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengangkutan batu bara pada badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemprov Sumsel.
 
Informasi ini diulik dengan memeriksa Direktur Keuangan PT SMS Adi Trenggana Wirabhakti pada Rabu, 30 November 2022. Pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK.
 
"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan pengeluaran uang dari kas PT SMS tanpa bukti yang jelas, dan diduga mengalir ke pihak yang terkait dengan perkara ini," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, 1 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ali enggan memerinci lebih lanjut pertanyaan penyidik ke Adi. Alasannya, menjaga kerahasiaan proses penyidikan.
 
Lembaga Antikorupsi sejatinya juga memeriksa tenaga ahli pengembangan bisnis PT SMS Cecep Kurniawan kemarin. Dia diminta memberikan informasi soal mekanisme penentuan jabatan di PT SMS.
 
"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan penunjukan pihak yang terkait dengan perkara ini dengan jabatan Dirut PT SMS," ujar Ali.
 

Baca Juga: PT SMS Diduga Alirkan Uang ke Tersangka Kasus Pengangkutan Batu Bara


KPK tengah mengusut kasus dugaan korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam kerja sama pengangkutan batu bara oleh BUMD di Sumsel. Namun, Lembaga Antikorupsi belum mengungkap tersangka kasus tersebut.
 
Pengungkapan tersangka akan dilakukan saat proses penyidikan sudah cukup. Tersangka juga akan diumumkan setelah dilakukan upaya penahanan.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif