Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Polisi-Jaksa Akan Ekspose Polemik Kerumunan di Acara Rizieq

Nasional fpi protokol kesehatan Muhammad Rizieq Shihab
Cindy • 21 November 2020 00:44
Jakarta: Penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri berencana mengekspose perkembangan penyelidikan kasus kerumunan massa saat pernikahan putri pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab. Perkara dibedah di Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI, Jakarta Selatan.
 
"Hari Senin, 23 November 2020, akan mempersiapkan ekspose ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejati DKI," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Komisaris Besar (Kombes) Ahmad Ramadhan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 20 November 2020.
 
Menurut dia, ekspose perkara ini bagian dari penyelidikan dan bersifat koordinasi. Kepolisian dan kejaksaan bersama-sama menentukan kasus tersebut sudah memenuhi unsur pidana atau belum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Copot Baliho Rizieq, Pangdam Jaya Dinilai Merepresentasikan Negara
 
"Jika memenuhi unsur pidana, maka dapat dinaikkan dari penyelidikan menjadi penyidikan," ucap dia.
 
Hingga saat ini, penyidik telah memeriksa 17 saksi dalam kasus ini. Salah satunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Panitia acara akad nikah anak Rizieq turut diperiksa pada Rabu, 18 November 2020.
 
Pesta pernikahan anak Rizieq dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 14 November 2020, diduga melanggar protokol kesehatan pencegahan virus korona (covid-19). Acara itu ramai didatangi pengikut Rizieq.
 
Banyak jemaah berkerumun dan tidak menjaga jarak sehingga meningkatkan potensi penyebaran covid-19. Sejumlah peserta kedapatan tidak menggunakan masker. Banyak pula peserta acara menggunakan masker, tetapi sesuai ketentuan, seperti digunakan di bawah dagu.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif