Kuasa Hukum Jamin Ratna tak Kabur

Siti Yona Hukmana 08 Oktober 2018 15:12 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
Kuasa Hukum Jamin Ratna tak Kabur
Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin, memastikan kliennya tak melarikan diri. Hal itu sebagai jaminan atas permohonan penahanan kota yang diajukannya kepada penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.

"Kami menyatakan pihak keluarga menjamin, kami sebagai kuasa hukum juga menjamin bahwa Ibu Ratna tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, tidak mengulangi perbuatannya. Selanjutnya, kami juga menjamin akan mempermudah jalannya proses hukum ini," ujar Insank di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 8 Oktober 2018.

Insank mendatangi Polda Metro Jaya dengan membawa surat permohonan penahanan kota terhadap kliennya Ratna Sarumpaet. Ia tiba pukul 12.40 WIB.


Baca: Alasan Ratna Mengajukan jadi Tahanan Kota

Insank berharap polisi mempertimbangkan permohonannya. Alasan utama pengajuan penahanan kota mengingat kondisi kesehatan eks juru kampanye nasional tim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu adalah usia. Ratna sudah memasuki usia 70 tahun. "Kita khawatir fisik dan mentalnya terpengaruh kalau semakin lama di dalam," ujar Insank.

Selain itu, Ratna saat ini dalam kondisi tak bugar. Namun, dia tidak mengetahui persis penyakit apa yang diderita Ratna. "Ibu Ratna setiap hari harus minum obat," kata dia.

Ratna ditetapkan sebagai tersangka dan kini ia ditahan di rumah tahanan (rutan) Ditreskrimum Polda Metro Jaya dari Jumat, 5 Oktober 2018 hingga 20 hari ke depan.

Ratna dijerat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juga Pasal 28 ayat 2 UU Informasi dan Transkso Elektronik (UU ITE) juncto Pasal 45. Ia terancam hukuman 10 tahun penjara.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id