300 Advokat Siap Bela Amien Rais

Fachri Audhia Hafiez 08 Oktober 2018 19:19 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
300 Advokat Siap Bela Amien Rais
Politikus senior PAN Amien Rais. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi.
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno di Pilpres 2019 memastikan 300 advokat akan mendampingi Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Dia dipanggil polisi dalam kasus kebohongan seniman Ratna Sarumpaet.

"Jadi so far ini yang mendaftar sekitar 300-an (advokat) dan masih terus bertambah," kata anggota Tim Advokasi dan Hukum BPN Habiburokhman di Jalan Daksa I Nomor 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 8 Oktober 2018.

Menurut dia, ratusan advokat itu akan mengawal Amien pada pemanggilan kedua di Polda Metro Jaya, Rabu, 10 Oktober 2018. Pengawalan diberikan hingga pemeriksaan berakhir.


"Pada intinya kita sudah menyiapkan advokat untuk mendampingi tokoh-tokoh yang dilaporkan dan dipanggil. Pak Amien sendiri insyaallah akan hadir, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal juga akan hadir," ujar Habiburokhman.

Amien Rais tak memenuhi dari panggilan Polda Metro Jaya pada Jumat, 5 Oktober 2018. Dia sedianya akan dimintai keterangan terkait kasus penyebaran cerita bohong penganiayaan Ratna Sarumpaet. 
 
Baca: PAN Pastikan Amien Rais tak Mangkir Lagi

Polda Metro Jaya menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka penyebaran informasi palsu. Teranyar, penyidik juga memutuskan menahan aktivis itu usai diperiksa sebagai tersangka, Jumat 5 Oktober 2018.
 
Ratna dijerat pasal berlapis. Dia dikenakan Pasal 14 Undang-Undang (UU) 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id