Anggota Komisi III DPR Hinca Panjaitan. Medcom.id
Anggota Komisi III DPR Hinca Panjaitan. Medcom.id

Kejagung Disarankan Menyerahkan Kasus Jaksa Pinangki ke Polri

Nasional kasus korupsi Djoko Tjandra
Anggi Tondi Martaon • 12 Agustus 2020 13:10
Jakarta: Kejaksaan Agung (Kejagung) disarankan menyerahkan pengusutan kasus jaksa Pinangki Sirna Malasari ke Polri. Hal itu agar pengusutan berjalan tuntas.
 
"Agar dia (Kejagung) tidak gamang memeriksa anggotanya sendiri secara pro justitia," kata Anggota Komisi III Hinca Panjaitan kepada Medcom.id, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
Politikus Partai Demokrat itu meyakini penanganan kasus gratifikasi Pinangki bakal lebih mudah dikoordinasikan bila dilakukan Polri. Dengan begitu, pengusutannya bisa dilakukan cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyampaikan upaya tersebut setidaknya menghindari anggapan negatif publik terhadap Kejagung dalam menindaklanjuti keterlibatan anggotanya yang berupaya meringankan hukuman terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra. Apalagi, Kejagung sempat menjadi sorotan akibat Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Izin Jaksa Agung atas Pemanggilan, Pemeriksaan, Penggeledahan, Penangkapan dan Penahanan terhadap Jaksa yang Diduga Melakukan Tindak Pidana. Sebelum akhirnya aturan itu dicabut.
 
Dia menyebutkan Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 tersebut memberikan citra negatif kepada Kejagung. Aturan itu mengesankan Kejagung melindungi jajarannya yang terlibat korupsi.
 
"Dalam suasana seperti ini tentulah publik membaca pedoman itu sangat tidak tepat, karena terkesan melindungi dugaan kejahatan yang dilakukan oleh Kejagung," kata dia.
 
Baca: Pinangki Diduga Terima Suap Rp7 Miliar
 
Arsul mendesak Kejagung lebih kooperatif mengusut keterlibatan anggotanya. Kejagung diminta mencontoh Polri.
 
"Kejagung harus transparan dan cepat membuka kasus yang sangat ramai diperbincangkan publik agar public trust kepada Kejaksaan Agung pulih kembali," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif