Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Polisi Akan Panggil Ketua KASBI Nining Elitos

Nasional Demo Buruh unjuk rasa polri demo massa
Siti Yona Hukmana • 12 Maret 2021 11:23
Jakarta: Penyidik Polda Metro Jaya akan memangil Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos pada Senin, 15 Maret 2021. Nining akan diklarifikasi terkait aksi unjuk rasa di Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta Selatan; dan Kantor ILO, Jakarta Pusat.
 
"Iya, kita klarifikasikan saja dulu gitu," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 12 Maret 2021.
 
Demontrasi itu digelar pada Senin, 8 Maret 2021. Banyak pihak yang hadir dalam unjuk rasa itu, antara lain Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), KASBI, Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita klarifikasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan," ujar Tubagus.
 
Dalam surat undangan yang beredar di pesan singkat WhatsApp, Nining diminta hadir di ruang Unit III Subditkamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada pukul 10.00 WIB. Pemanggilan ini tindak lanjut dari laporan polisi (LP) bernomor: LP/235/III.YAN.2.5/2021/SPKT PMJ, pada 9 Maret 2021.
 
Baca: Buruh Minta Pengadilan Buka Rekening Perusahaan Agar Bisa Digaji
 
Laporan itu perihal dugaan terjadinya peristiwa tindak pidana turut campur dalam perkumpulan yang bermaksud melakukan kejahatan atau dalam perserikatan lain yang dilarang oleh undang-undang umum dan/atau tindak pidana di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan yang dapat dihukum. Aksi unjuk rasa itu juga diduga untuk melawan pada kekuasaan umum dengan kekerasan atau supaya jangan mau menuruti peraturan undang-undang atau peraturan kekarantinaan kesehatan.
 
Nining dan kawan-kawan diduga melanggar Pasal 169 KUHP dan/atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP dan/atau Pasal 55 ayat (1) ke-1 e KUHP.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif