Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/SIti Yona Hukmana
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/SIti Yona Hukmana

Polisi Kumpulkan Rekaman CCTV Terkait Acara Rizieq

Nasional dki jakarta Virus Korona pemprov dki fpi Rizieq Shihab
Cindy • 19 November 2020 18:53
Jakarta: Polisi terus mengumpulkan barang bukti dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Salah satu barang bukti yang dikumpulkan berupa rekaman close circuit television (CCTV).
 
“Rekaman CCTV yang diambil terkait kegiatan pada Sabtu, 14 November 2020 di beberapa titik di sekitar TKP (tempat kejadian perkara),” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 19 November 2020.
 
Awi belum mau membeberkan jumlah rekaman CCTV yang dikumpulkan. Bukti rekaman tersebut guna menguatkan konstruksi hukum yang disusun penyidik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Walaupun kasat mata kita tahu (ada kerumunan), kalau berita acara harus tetap dilakukan penyitaan-penyitaan, kemudian analisa digital," ujar dia.
 
(Baca: Polisi Berpeluang Periksa Rizieq Shihab)
 
Polisi juga mengambil tangkapan gambar dari berita-berita media terkait acara pernikahan anak Rizieq dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto dan rangkaian peristiwa dalam berita dapat dijadikan alat bukti.
 
Penyidik telah memeriksa 15 saksi dalam kasus ini. Salah satunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Panitia acara akad nikah anak Rizieq juga telah diperiksa pada Rabu, 18 November 2020.
 
Pesta pernikahan anak Rizieq dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 November 2020, diduga melanggar protokol kesehatan covid-19. Acara itu ramai didatangi pengikut Rizieq.
 
Banyak jemaah yang berkerumun, tidak menjaga jarak, dan meningkatkan potensi penyebaran covid-19. Sejumlah peserta juga kedapatan tidak menggunakan masker. Banyak pula peserta acara menggunakan masker tak sesuai ketentuan, seperti digunakan di bawah dagu.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif