Pemusnahan narkoba/Medcom.id/Siti Yona.
Pemusnahan narkoba/Medcom.id/Siti Yona.

1,2 Ton Sabu Dimusnahkan

Nasional narkoba polri
Siti Yona Hukmana • 02 Juli 2020 11:58
Jakarta: Sebanyak 1,2 ton sabu dimusnahkan Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Polri di Polda Metro Jaya. Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan kasus sejak Mei 2020.
 
Pemusnahan menggunakan insinerator dengan suhu sangat tinggi. "Sehingga barang bukti narkotika tersebut benar-benar habis terbakar serta tidak menimbulkan efek negatif kepada masyarakat di sekitarnya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Kepolisian menyita sabu dari tersangka Basheir Ahmad dan Adel Saeed Yaslam Awadh bersama 14 rekannya. Sindikat Basheir merupakan jaringan Internasional Iran-Pakistan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Modusnya diselundupkan melalui jalur perairan internasional," ucap Nana.
 
Polri juga memusnahkan 35 ribu butir ekstasi dan 410 kilogram ganja. Barang bukti ini merupakan hasil sitaan dari 25 tersangka yang ditangkap beberapa waktu lalu.
 
"Ada enam warga negara asing (WNA), 19 orang warga negara Indonesia (WNI) yang dua tersangkanya kita lakukan tindakan tegas," beber Nana.
 
Barang bukti ekstasi didapat dari pengungkapan atas tersangka Wahyu Hidayat. Nana menyebut Wahyu sebagai bagian dari sindikat dengan jaringan Tiongkok dengan modus pengiriman paket dari luar negeri.
 
Baca:Kapolri: Narkoba Bisa Menggoyahkan Iman Aparat
 
Sementara barang bukti ganja didapat dari dua tersangka jaringan Aceh-Jakarta. Modus operandinya dengan pengiriman barang melalui jalur darat.
 
Jika diedarkan, narkoba yang disita bisa merusak 6.837.500 jiwa. Rinciannya, 1,2 ton sabu untuk 6 juta orang dengan asumsi per orang mengonsumsi 0,2 gram.
 
Kemudian, 35 ribu ekstasi merusak 17.500 orang dengan asumsi per orang mengonsumsi dua butir. Sementara itu, 410 kilogram ganja merusak 820 ribu orang dengan asumsi per orang mengonsumsi 0,5 gram.
 
"Kami akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya beserta Jajaran dalam mewujudkan program Jakarta Zero Narcotics," ucap Nana.
 

(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif