KPK Belum Terima Permintaan Cek Rekam Jejak Cawapres

Juven Martua Sitompul 09 Agustus 2018 03:40 WIB
pilpres 2019
KPK Belum Terima Permintaan Cek Rekam Jejak Cawapres
Ilustrasi Gedung KPK--Metrotvnews.com
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menerima permintaan Presiden Joko Widodo untuk menelusuri rekam jejak para calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya. Padahal, sejumlah nama digadang-gadang bakal jadi pendamping Jokowi.

"Tadi saya sudah pastikan dan cek ya di alur persuratan KPK itu tidak ada permintaan background check terkait dengan nama-nama cawapres tersebut," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018.

Febri memastikan. tak ada permintaan pribadi dari Jokowi untuk menelusuri pendampingnya di Pilpres 2019. Pengecekan rekam jejak, kata dia harus disampaikan secara formal.


"Kalau ada permintaan terkait dengan tugas dan kewenangan KPK itu secara formal diajukan," ujarnya.

Namun, Febri menilai, jika pengecekan rekam jejak memang perlu dilakukan sebelum Pilpres. Mengingat, masyarakat sangat berharap para calon pemimpin tanah air memiliki rekam jejak yang baik.

"Harapannya tentu proses penyaringan proses pemilihan itu melihat dimensi-dimensi integritas itu," pungkasnya.

Jokowi sebelumnya menyatakan bakal melibatkan KPK dalam proses pemilihan cawapres. Namun, hingga kini Jokowi belum juga mengungkapkan siapa sosok yang akan mendampingnya di Pilpres 2019.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id