Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.

KPK Usut Korupsi Penyelenggaraan Haji Kemenag

Nasional kasus korupsi
Juven Martua Sitompul • 22 Mei 2019 21:33
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka penyelidikan kasus baru di Kementerian Agama (Kemenag). Kasus yang tengah diusut adalah praktik rasuah terkait penyelenggaraan haji.
 
Untuk mendalami dugaan itu, hari ini penyidik memeriksa Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Lukman diperiksa terkait kewenangan dan posisinya sebagai Menag.
 
"Jadi bukan penyelidikan yang masih terkait dengan pengisian jabatan tapi ini penyelidikan yang terpisah, yaitu terkait dengan penyelenggaraan haji," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Febri menolak menjelaskan detail kasus yang tengah diusut tersebut. Yang jelas, kata dia, pihaknya menduga telah terjadi praktik rasuah dalam penyelenggaraan haji di masa kepemimpinan Lukman.
 
"Penyelenggaraan haji tentu yang berada atau diselenggarakan saat Menteri Agama yang jadi saksi hari ini masih menjabat. Tapi saya tidak bisa menyampaikan lebih spesifik," ungkap dia.
 
Lembaga Antirasuah memastikan telah mengantongi bukti adanya penyimpangan-penyimpangan dalam penyelenggaraan haji. Febri tak membantah bukti itu didapat dari pengembangan kasus yang sebelumnya telah ditangani KPK.
 
"Kami cukup banyak memiliki temuan-temuan baik di bidang pencegahan dan penindakan terkait dengan penyimpangan dalam penyelenggaraan haji tersebut," ujarnya.
 
Febri memberi sinyal salah satu yang tengah ditilik dalam penyelenggaraan haji ini adalah penyimpangan biaya penginapan. Ada juga penyimpangan dari proses-proses yang lain.
 
"Kami harap kalau yang menjadi rekomendasi di pencegahan agar itu segera ditindaklanjuti, tapi kalau dalam proses penindakan tentu akan berjalan secara paralel berdasarkan bukti-bukti yang ada," pungkasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif