Ilustrasi hacker. Foto: Medcom.id
Ilustrasi hacker. Foto: Medcom.id

Pemuda Yogyakarta Peretas Web Perusahaan AS Ditangkap

Nasional peretasan
Kautsar Widya Prabowo • 25 Oktober 2019 16:40
Jakarta: Subdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap pelaku tindak pidana peretasan dengan menyebarkan virus melalui media surat elektronik (surel) berinisial BBA, 21. Pelaku ditangkap di kediamannya, di Gamping, Sleman, Yogyakarta.
 
Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Rickynaldo menjelaskan pelaku menyasar perusahaan asing di Amerika Serikat. Pelaku mengirim email berisikan virus setelah mengatahui alamat surel dari perusahaan incaran.
 
"(Pelaku mengirim) link yang mengarahkan korban buat mengklik link tersebut, dan komputer korban (web mail server) terinstall cryptolocker yang menyebabkan system mail server sebuah perusahaan di Amerika Serikat terenkripsi (data tidak terbaca)," ujar Rickynaldo dalam konferensi pers di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat, 25 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaku kemudian meminta uang tebusan dalam bentuk mata uang crypto currency Bitcoin pada
korban. Rickynaldo menyebut pelaku memberikan tengang waktu tiga hari buat pengiriman uang tebusan. Ini agar system web mail server bisa berfungsi kembali.
 
"Tersangka menyebarkan ke 500 akun email yang lain yang berada di luar negeri, salah satu korban adalah sebuah perusahaan di San Antonio, Texas Amerika Serikat," beber dia.
 
Pelaku telah menjalankan aksinya sejak 2014. Keuntungan yang didapat sebanyak 300 bitcoin.
 
"Transaksi perputaran uang 300 bitcoin buat jual beli peralatan. Satu bitcoin bisa sampai Rp100 juta-Rp150 juta," kata dia.
 
Tersangka dijerat Pasal 49 Jo Pasal 33 dan Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 32 ayat (1) dan Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 27 ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pelaku diancam hukuman pidana 10 tahun penjara.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif