Juru bicara KPK Febri Diansyah. ANT/Reno Esnir.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. ANT/Reno Esnir.

Tujuh Saksi Diperiksa Terkait Korupsi Bupati Supendi

Nasional kasus suap
M Sholahadhin Azhar • 31 Oktober 2019 13:18
Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tujuh orang di Polres Kota Cirebon. Pemeriksaan terkait kasus dugaan suap pengaturan proyek tahun 2019 yang menjerat Bupati Indramayu Supendi.
 
"Pemeriksaan saksi-saksi dalam perkara ini telah dilakukan sejak Senin, 28 Oktober 2019. Sekitar 20 orang saksi telah diperiksa," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Saksi yang diperiksa dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Mereka ialah ajudan Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Wimbawan, Kasubid Prasarana Wilayah Bappeda Omat, Kabid Tata Bangunan M Krisdiantoro, Kabid Tata Teknis Irigasi Heru Purwanto, Kepala Seksi PSDA Rizal Helmi, Kasubag Keu DPUDK Abdullah Zaini, dan Kabid Jembatan Ramaserina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Febri mengatakan KPK mendalami informasi dugaan pengaturan proyek-proyek di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu selama tiga hari terakhir. Termasuk aliran dana, fee proyek, dan informasi lain terkait perkara.
 
"KPK mengingatkan para saksi agar bersikap koperatif dan memberikan keterangan secara jujur. Karena penyampaian informasi yang tidak benar oleh saksi memiliki risiko pidana," ujar Febri.
 
KPK menangkap Bupati Indramayu Supendi dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait kasus suap dalam proyek di Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Indramayu pada Senin malam, 14 Oktober 2019. KPK juga menangkap tujuh orang lainnya. Mereka terdiri dari ajudan, pegawai, rekanan, kepala dinas, dan beberapa pejabat dinas pekerjaan umum.
 
Supendi menjadi Bupati Indramayu setelah bupati sebelumnya Anna Sophanah mengundurkan diri. Anna mengundurkan diri pada 30 Oktober 2018. Supendi sebagai wakil bupati naik menjadi bupati dan dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 7 Februari 2019
 
Supendi dua kali menjadi pendamping Anna Sophanah di Kabupaten Indramayu. Pasangan Anna-Supendi diusung oleh PKS, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif