Sugi Nur Raharja atau Gus Nur. DOK Istimewa
Sugi Nur Raharja atau Gus Nur. DOK Istimewa

Dinilai Hina NU, Gus Nur Dilaporkan ke Bareskrim

Nasional nahdlatul ulama ujaran kebencian
Media Indonesia • 22 Oktober 2020 01:58
Jakarta: Sugi Nur Raharja atau akrab disapa Gus Nur dilaporkan ke Bareskrim Polri. Dia dinilai menghina organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dalam sebuah pernyataan di acara dialog salah satu channel YouTube.
 
"Tentu kami merasa ini tidak boleh kami diamkan, perlu kami mintai pertanggungjawaban Gus Nur, oleh karena itu kami mencoba melaporkan ke Bareskrim," kata Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 21 Oktober
 
Dalam pelaporan itu, Aziz membawa barang bukti berupa CD berisi pernyataan Gus Nur. Aziz menegaskan laporan dibuat lantaran Gus Nur telah berkali-kali menghina NU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aziz menilai pernyataan Gus Nur menyerang NU secara kelembagaan. Dia berharap aparat kepolisian segera memproses Gus Nur.
 
Dia meminta seluruh lapisan NU, seperti Ansor dan Banser menahan diri dan tidak main hakim sendiri. "Karena saya takut kalau proses hukum tidak berjalan, mereka bisa bertindak masing-masing, mereka bisa melakukan apa pun," tutur dia.
 
Sementara itu, kuasa hukum Aziz, Saleh, mengungkapkan pernyataan Gus Nur yang dianggap masuk pidana ujaran kebencian di antaranya NU disebut PKI dan liberal. Saleh mengungkapkan dalam rekaman menit ke 4.40, Gus Nur mengatakan, 'NU sekarang diibaratkan seperti bus umum, sopirnya mabuk, kondekturnya teler, kenek, dan sopir ugal-ugalan'.
 
"Penumpangnya kurang ajar semua, ngerokok, juga nyanyi, juga buka aurat, buka dangdutan juga, jadi kesucian NU selama ini dikenal, tidak ada selama ini," kata Saleh menirukan Gus Nur.
 
Laporan itu teregister dengan nomor LP/B/0596/X/2020/Bareskrim tertanggal 21 Oktober 2020. Gus Nur dilaporkan melanggar Pasal 27 ayat (3), Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Juncto Pasal 310.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif