Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

PTUN Tolak Gugatan Pemecatan Pejabat Kemendes

Nasional kementerian desa
30 Januari 2018 19:52
Jakarta: Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan mantan Direktur Pelayanan Sosial Dasar di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Hanibal Hamidi. Hanibal diberhentikan dari jabatannya oleh Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.
 
"Pengadilan menolak gugatan secara keseluruhan bahkan menghukum penggugat untuk membayar biaya yang timbul dalam perkara ini, yakni Rp57 ribu," ujar Staf Ahli Mendes PDTT Bidang Hukum, Hari Pramudiono, seperti dilansir Antara, Selasa, 30 Januari 2018.
 
Dia menjelaskan, hakim dalam putusannya menolak gugatan perlawanan dari mantan pejabat yang telah diberhentikan jabatannya. Hakim juga telah mempertahankan penetapan dismissal ketua PTUN Jakarta Nomor 244/G/2017/PTUN.JKT.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanibal menggugat Surat Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 90 Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.
 
Hanibal menganggap surat keputusan tersebut cacat hukum dan tidak dikeluarkan melalui prosedur yang benar. "Atas pemberhentian tersebut yang bersangkutan mengajukan ke PTUN berdasarkan gugatan Nomor 242/G/2017/PTUN.JKT tertanggal 27 November 2017," kata Hari.
 
Gugatan tersebut, kata dia, telah dilakukan pemeriksaan pendahuluan (dismissal process) dan telah ditetapkan oleh hakim PTUN Jakarta. Hasilnya, gugatan penggugat tidak dapat diterima (niet onvantkelijk verklaard).
 
Dalam persidangan PTUN yang berlangsung beberapa kali tersebut, Kemendes PDTT sempat mendatangkan sejumlah saksi dan memperlihatkan bukti-bukti.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif