Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - Medcom.id/Lukman Diah Sari.
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - Medcom.id/Lukman Diah Sari.

Hacker Iseng juga Bakal Dijerat

Nasional peretasan
Faisal Abdalla • 19 Maret 2018 13:45
Jakarta: Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan ada beberapa karakteristik hacker di Indonesia. Ini diketahui dari penelusuran tim.
 
"Pertama ada yang memang mereka iseng hanya untuk menguji kemampuan. Kira-kira dia bisa tidak masuk ke situs-situs tertentu," kata Setyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin, 19 Maret 2018.
 
Meski hanya iseng, Setyo menegaskan tak menutup kemungkinan mereka akan diproses hukum jika perbuatannya memang memenuhi unsur pelanggaran hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat kalau secara hukum memenuhi unsur, kita juga lihat apakah keisengan mereka ini berdampak luas apa tidak. Perlu diedukasi lagi bahwa ini melanggar hukum," ungkap Setyo.
 
Selain hacker coba-coba, Setyo mengatakan ada juga kelompok hacker yang mempunyai motif ekonomi seperti kelompok Surabaya Black Hat. Kelompok ini biasanya meretas situs-situs tertentu untuk mendapatkan keuntungan.
 
(Baca juga:Surabaya Black Hat Raup Rp200 Juta dalam Setahun)
 
"Ada juga memang yang punya motivasi ekonomi, jadi mereka masuk melakukan, mengancam, dan memeras untuk mendapatkan keuntungan ekonomi," tukas dia.
 
Untuk mengawasi dunia maya, Polri menerjunkan tim khusus. Di antaranya Direktorat Siber dan Multimedia, Direktorat Kriminal Khusus, serta Satuan Kerja Divisi TI.
 
Polri juga terus memperbarui teknologi yang dimiliki agar tak kalah oleh teknologi yang dimiliki para hacker.
 
"Para hacker ini satu langkah lebih maju sehingga dia bisa membobol pertahanan dan keamanan di masing-masing web atau akun, sehingga kita juga perlu mengantisipasi mengikuti perkembangan teknologi," tukas dia.
 
(Baca juga:SQL Injection Disebut Teknik Hacking Lama)
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif