Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Kompolnas Minta Polisi Serius Tanggapi Teguran Jokowi Soal Sowan ke Ormas

Nasional Jokowi polri ormas polisi kompolnas
Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 04 Desember 2021 16:54
Jakarta: Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti meminta polisi serius menanggapi teguran Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi mengingatkan jajaran Polri, khususnya kapolres dan kapolda, tidak sowan ke organisasi masyarakat (ormas) pembuat onar.
 
"Polri bertugas melayani, melindungi, mengayomi masyarakat, dan menegakkan hukum untuk mewujudkan harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) sehingga akan kontra produktif jika kapolda dan kapolres sowan ke sesepuh ormas yang sering membuat ribut," tutur Poengky, Sabtu, 4 Desember 2021.
 
Menurut dia, kebiasaan sowan bisa membuat masyarakat berpikir kepolisian membela ormas pembuat onar tersebut. Alhasil, wibawa polisi akan jatuh. Kepolisian disarankan lebih merangkul tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, serta pers.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Polri Klaim Siap Ikuti Arahan Presiden Usai Disindir
 
"Ajak mereka untuk bersama-sama menjaga harkamtibmas dan sampaikan bahwa polisi akan menindak tegas orang-orang yang mengganggu harkamtibmas," terang dia.
 
Kompolnas, kata Poengky, juga mendukung arahan Presiden agar seluruh kapolda dan kapolres ketika baru dilantik tidak sowan ke sesepuh ormas-ormas yang sering ribut. Ia meminta agar teguran dari Jokowi dilaksanakan seluruh kepolisian, tak terkecuali. 
 
"Tidak perlu ada perlakuan khusus pada ormas yang sering membuat ribut," jelas dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif