Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id

Polisi Tangkap Pembuat Surat PCR Palsu di Cibubur

Nasional pemalsuan Pemalsuan Dokumen covid-19 pandemi covid-19 Penularan covid-19 PPKM Darurat
MetroTV • 24 Juli 2021 12:32
Bogor: Petugas kepolisian Jakarta Timur menangkap pembuat surat hasil swab PCR palsu di kawasan Cibubur, Bogor, Jawa Barat, pelaku langsung dibawa ke Polres Jakarta Timur untuk dilakukan pemeriksaan.
 
Dari hasil pemeriksaan dan pengembangan, petugas menangkap lima orang pria, dua di antaranya merupakan calon penumpang pesawat, sedangkan tiga lainnya merupakan pelaku utama pembuat surat swab PCR palsu.
 
"Para pelaku dijerat pasal berlapis yakni 263 KUHP 268 KUHP pasal 14 ayat 1 tentang Wabah Penyakit Menular dengan ancaman 6 tahun penjara," Penjelasan presenter Newsline, Metro TV, Jason Sambouw, Jumat, 23 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penangkapan berawal saat adanya laporan dari masyarakat terkait adanya surat hasil swab PCR palsu yang sering digunakan calon penumpang pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.
 
Dua penumpang yang ditangkap mengaku surat tersebut didapat dari salah satu oknum petugas dari salah satu maskapai penerbangan.
 
Untuk mendapatkan surat hasil palsu tersebut penumpang harus membayar uang sebesar Rp600.000.
 
Dari hasil penggeledahan di rumah pelaku, petugas menyita barang bukti berupa komputer, laptop, telepon genggam, surat swab PCR palsu, dan uang tunai. (Imanuel Rymaldi Matatula)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif