NEWSTICKER
Ketua KPK terpilih Firli Bahuri. MI/Susanto.
Ketua KPK terpilih Firli Bahuri. MI/Susanto.

Firli Tegaskan Pemberantasan Korupsi Tak Terpengaruh Covid-19

Nasional pemberantasan korupsi
Fachri Audhia Hafiez • 18 Maret 2020 06:13
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan pemberantasan antirasuah akan tetap maksimal di tengah wabah virus korona (covid-19). Meski ada upaya penyesuaian pengaturan kerja para pegawai.
 
"Pelaksanaan tugas penegakan hukum, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan eksekusi perkara tetap dilakukan berdasarkan prioritas," kata Firli di Jakarta, Selasa, 18 Maret 2020.
 
Firli memberi perhatian khusus pada alokasi penggunaan anggaran penanggulangan wabah covid-19. Dia menegaskan, pelaku korupsi tidak mengenal bencana meskipun ancaman pidananya lebih berat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengawasan yang dilakukan oleh KPK bertujuan agar pemerintah pusat dan daerah dapat menggunakan anggaran secara efektif dan bebas dari penyelewengan. Jangan sampai anggaran bencana di korupsi oknum yang tidak punya empati," ujar Firli.
 
Baca:Pengunjung Bersuhu Tubuh Tinggi Ditolak Jenguk Tahanan KPK
 
Dia juga mengajak semua pihak memberikan perhatian lebih dalam mengatasi masalah penyebaran covid-19. Firli apresiasi para tenaga kesehatan yang tengah bekerja keras.
 
"Hormat saya untuk para dokter, perawat, tenaga medis dan setiap orang yang tengah berjibaku melawan corona virus," ujar Firli.
 
Sebagian pegawai KPK akan bekerja di rumah mulai Rabu, 18 Maret 2020 hingga Selasa, 31 Maret 2020. Aturan ini termaktub dalam Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prosedur Bekerja dari Rumah bagi Seluruh Pegawai KPK sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19.
 
Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, kebijakan ini tidak berlaku bagi pegawai bidang penindakan. Pasalnya, mereka berhubungan dengan penyelesaian berkas perkara yang memiliki batas waktu.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif