Hasil razia kamar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang, Jakarta Pusat. Foto: Istimewa
Hasil razia kamar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang, Jakarta Pusat. Foto: Istimewa

Razia Lapas Cipinang, Petugas Temukan Alat Elektronik di Sel

Nasional narapidana tahanan napi Kemenkumham rutan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) razia lapas
Deny Irwanto • 14 Oktober 2021 19:25
Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) merazia kamar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang, Jakarta Pusat. Petugas menemukan sejumlah alat elektronik di sel narapidana (napi).
 
Direktur Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Ditjenpas Kemenkumham, Abdul Aris, mengatakan razia pada Rabu, 13 Oktober 2021, itu untuk memastikan tak ada peredaran narkoba maupun hal menyimpang lainnya. Razia serupa, kata dia, sedianya rutin digelar.  
 
"Dirjenpas (Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Saut Poltak Silitonga) meminta seluruh jajarannya membersihkan lapas dan rutan (rumah tahanan) dari peredaran narkoba. Selain itu, agar menjaga keamanan dan ketertiban rutan," kata Abdul Aris dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Narapidana Kasus Terorisme di Jatim Meningkat 2 Kali Lipat Tahun Ini
 
Menurut dia, penggeledahan dilakukan di area Blok Hunian H Gedung VII Lapas Cipinang. Petugas menemukan 12 handphone, 17 charger, dua alat isap sabu, 15 colokan listrik, lima modem, dan sejumlah kabel serta alat elektronik lain.
 
Abdul Aris berharap petugas lapas dan rutan terus mengarahkan warga binaan. Narapidana dan tahanan didorong menjaga kebersihan lingkungan dari narkoba dan barang terlarang lainnya.
 
"Penggeledahan itu juga merupakan bentuk perhatian petugas kepada warga binaan dengan mengurangi potensi gangguan kamtib dan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban," jelas Abdul Aris.
 
Dalam razia tersebut, petugas juga mengetes urine 100 warga binaan. Sebanyak tiga warga binaan kedapatan mengonsumsi narkoba.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif