Ilustrasi pengumpulan bukti. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi pengumpulan bukti. Medcom.id/M Rizal

Polri Awasi Peredaran Bahan Kimia Biologi dan Radioaktif Saat Pandemi

Nasional polri Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 19 November 2020 10:00
Jakarta: Pemanfaatan zat kimia biologi dan radioaktif saat pandemi covid-19 gencar dilakukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Polri menyiapkan antisipasi untuk mencegah potensi penyalahgunaan bahan kimia biologi dan radioaktif.
 
"Penggunaan bahan kimia berbahaya yang dalam jumlah besar dan tidak dalam pengawasan oleh pihak berwenang sangat riskan terjadi kecelakaan maupun penyalahgunaan," kata Komandan Korps Brimob, Irjen Anang Revandoko, melalui keterangan tertulis, Kamis, 19 November 2020.
 
Beberapa waktu lalu, Ledakan besar di Lebanon, Timur Tengah, terjadi akibat bahan kimia pupuk amonium nitrat ditimbun bertahun-tahun tanpa pengawasan. Polri mewaspadai agar peristiwa tersebut tak terjadi di Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Vaksin Covid-19 J&J Spanyol Memasuki Uji Coba Tahap Akhir
 
Apalagi, penggunaan dan pergerakan berbagai zat kimia atau radioatif meningkat selama pandemi. Anang menyebutkan Gegana Brimob melalui Satuan Unit Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) menyusun strategi untuk memastikan peredaran zat berbahaya di Indonesia aman.
 
"Ini merupakan tangggung jawab Polri untuk membangun keamanan penggunaan bahan kimia biologi dan radioaktif, agar dapat digunakan untuk kemajuan," ujar Anang.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif