Gubernur Akademi Polisi Irjen Rycko Amelza Dahniel - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Gubernur Akademi Polisi Irjen Rycko Amelza Dahniel - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Polri Siap Mengamankan Natal dan Tahun Baru

Nasional polri
Siti Yona Hukmana • 16 Desember 2018 07:40
Jakarta: Polri menegaskan siap mengamankan hari raya natal dan tahun baru 2019. Khususnya, dari ancaman aksi terorisme.

"Polri selalu harus siap untuk melindungi rakyat Indonesia dari ancaman terorisme, apalagi menghadapi natal dan tahun baru 2019," kata Gubernur Akademi Polisi Irjen Rycko Amelza Dahniel di Universitas Nasional (Unas), Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Desember 2018.

Polri bahkan telah berkoordinasi dengan sejumlah lembaga terkait guna menyiapkan kebutuhan pengamanan. Salah satunya, dengan BNPT, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Antiterorisme Nomor 5 Tahun 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"UU ini memberikan sebuah ruang koordinasi di bawah BNPT, yang mengoordinir 32 lembaga kementerian di Indonesia," ujar Rycko. UU Antiterorisme yang baru disahkan itu, menurut Rycko, lebih baik dibanding UU sebelumnya. Sebab, UU sebelumnya dinilai belum mampu melindungi rakyat Indonesia.

"Alhamdulillah dengan UU ini yang komprehensif, semakin proaktif artinya lebih mengedepankan upaya pencegahan-pencegahan sejak hulu sampai hilir. Mencegah tindakan mulai dri perencanaan," ucap dia.

Jenderal bintang dua itu menyebut UU Antiterorisme itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melindungi warganya. Lembaga-lembaga pemerintah diperkuat dalam pemberantasan terorisme.

"Satu yang paling penting, dalam UU Antiterorisme ini ada kebijakan mengenai pengawasan kepada penyidik, yang tidak taat akan dilakukan penegakan hukum," pungkas dia.


(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi