Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto. Foto: Antara/Rosa Panggabean
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Komisi III Sindir Mahfud: Tupoksi Menko Polhukam Itu Koordinator Atau Komentator?

Anggi Tondi Martaon • 11 Agustus 2022 02:06
Jakarta: Komisi III DPR menyindir Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofryansah Yosua Hutabarat (J). Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu bahkan disebut sebagai menteri komentator.
 
"Kita malah justru bertanya apakah Menko Polhukam itu punya posisinya memang tukang komentar?" kata Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Sindiran itu disampaikan karena sejumlah pernyataan Mahfud. Pertama, mempertanyakan sikap DPR yang cenderung diam menyikapi kematian salah satu ajudan Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang menyampaikan alasan pihaknya tak banyak berkomentar karena sadar posisi. Sebab, DPR saat ini masih dalam masa reses.
 
Dia menegaskan Komisi III tak sepenuhnya pasif menyikapi pembunuhan Brigadir J. Awal kejadian tersebut terungkap, Bambang sudah memberikan pernyataan.
 
"Saya sebagai Ketua Komisi, saya hari Selasa presscon di sini, untuk menunjukkan tugas DPR. Saya dari dapil (daerah pemilihan) terbang di sini begitu dapat informasi itu," kata dia.
 

Baca: Komisi III Panggil Kapolri Bahas Pembunuhan Brigadir J Usai Reses


Selain itu, pernyataan Mahfud yang dikritisi, yaitu menyampaikan soal tersangka baru dalam kasus penembakan Brigadir J pada Selasa, 9 Agustus 2022. Padahal, Polri yang memeriksa kasus tersebut belum menyampaikan perkembangan terbaru hasil penyelidikan yang dilakukan.
 
Dia lantas mempertanyakan apakah pengumuman tersebut merupakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Mahfud sebagai Menko Polhukam. Menurut dia, hal itu seharusnya menjadi kewenangan Polri yang menangani kasus tersebut.
 
"Saya bertanya sebagai Ketua Komisi III, apakah itu masuk di dalam tupoksi menteri koordinator politik hukum dan keamanan? Koordinator loh bukan komentator," ucap dia.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif