Mobil polisi yang diserang pengikut Rizieq Shihab. Medcom.id/Siti Yona
Mobil polisi yang diserang pengikut Rizieq Shihab. Medcom.id/Siti Yona

Pengawal Rizieq Tak Sadar Dibuntuti Polisi

Nasional fpi komnas ham Crosscheck Muhammad Rizieq Shihab
Cindy • 17 Januari 2021 12:41
Jakarta: Pengawal Rizieq Shihab yang bentrok dengan polisi di Tol Jakarta-Cikampek mengetahui ada pihak yang membuntuti. Namun, mereka tak menyadari yang mengekor adalah polisi.
 
"Mereka tahu itu adalah pihak yang membuntuti. Mereka mengatakan soalnya kami kira ada yang membuntuti, tidak secara spesifik (polisi)," kata Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik dalam diskusi Crosscheck from Home by Medcom.id, Minggu, 17 Januari 2021.  
 
Pernyataan tersebut didapatkan Komnas HAM dari pengawal Rizieq yang berada di mobil Toyota Avanza. Mobil itu sempat bentrok dengan polisi dan melarikan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Komnas HAM: Pengawal Rizieq Tertawa saat Mengelabui Polisi
 
"Masih ada yang hidup dari satu mobil yang lain itu, kami memeriksa mereka. Dari keterangannya, memang mereka ingin berhadapan dengan aparat polisi, tapi mereka enggak bilang spesifik (polisi)," ucap Taufan.
 
Komnas HAM menilai dua mobil milik eks Front Pembela Islam (FPI) itu sengaja menunggu kedatangan polisi untuk memprovokasi. Sejatinya, mobil polisi yang melakukan pengintaian telah tertinggal jauh dari rombongan Rizieq.
 
Provokasi terjadi saat mobil polisi dipepet hingga ke pinggir jalan. Kemudian, terjadi gesekan antara mobil eks anggota FPI dengan polisi.
 
"Kita menemukan bukti ceceran dua kendaraan yang bertubrukan beberapa kali di beberapa titik. Bukan hanya satu titik," ungkap Taufan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif