Saksi Dinilai tak Punya Dasar Ajukan Gugatan Praperadilan

Lukman Diah Sari 12 Januari 2018 20:40 WIB
praperadilan
Saksi Dinilai tak Punya Dasar Ajukan Gugatan Praperadilan
Jaksa Agung HM Prasetyo--MI/Angga Yuniar
Jakarta: Jaksa Agung M Prasetyo menyebut gugatan praperadilan yang diajukan para saksi tak memiliki dasar. Sebab, objek gugatannya tidak jelas.

"Kalau diterima atau tidak kan hakim yang memutuskan. Ya kan, obyeknya jelas apa tidak, kalau tidak ada obyek apa yang mau dituntut," kata Prasetyo di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 12 Januari 2018. 

Prasetyo tak melarang untuk para saksi yang ingin mengajukan gugatan praperadilan. Namun, ia meminta para penggugat harus jelas dalam menentukan objek gugatannya.


"Sekarang tuntutannya apa, polisi mungkin tidak menghentikan penyidikan, mungkin masih perlu cukup bukti, kita tidak membela sana-sini. Tapi yang pasti untuk menuntut praperadilan harus jelas," ujar dia.

Gugatan praperadilan dari para saksi ini muncul di Lampung dalam kasus dugaan sengketa lahan. Pelapor yakni Gunawan dan Fauzi. Keduanya menggugat Bareskrim Mabes Polri ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Prasetyo menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dituntut dalam gugatan praperadilan. Antara lain, penghentian penyidikan, penetapan tersangka, penetapan tahanan, penangkapan, penyitaan, dan penggeledahan. 

"Sesuai Pasal 77 KUHAP diperluas oleh Mahkamah Konstitusi," kata dia.



(AZF)