Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Alvin Lim Diminta Jaga Etika dan Tak Remehkan Penegak Hukum

Nasional media sosial polri polisi pencemaran nama baik Penegakan Hukum ujaran kebencian Peradi
Juven Martua Sitompul • 27 Januari 2022 19:09
Jakarta: Pernyataan kontroversial advokat Alvin Lim yang menghujat Polri kembali menuai kritik dari rekan sejawatnya. Celotehan Alvin di berbagai media sosial yang terkesan meremehkan dan mendiskreditkan aparat penegak hukum yang telah bertindak secara profesional disesalkan.
 
"Seharusnya Alvin Lim selaku Advokat dalam mengeluarkan pernyataan senantiasa berdasarkan fakta yuridis yang dapat dipertanggung jawabkan, tidak sebagaimana pernyataan yang disampaikan akhir-akhir ini yang sangat prematur dan cenderung tendensius," kata Ketua Umum Peradi Bersatu Zevrijn Boy Kanu dalam rilis, Kamis, 27 Januari 2022.
 
Boy Kanu mengingatkan Alvin Lim dalam menjalankan tugasnya sebagai advokat. Alvin Lim seharusnya bertindak sesuai dengan UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Dalam Pasal 26 ayat (1) dan (2) disebutkan advokat selalu menjunjung tinggi harkat dan martabat yang dikenal dengan istilah Officium Nobile (Profesi Mulia).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Boy Kanu mengingatkan para advokat yang tengah berkecimpung di dunia hukum agar lebih menjaga etika hukum. Terpenting, menjunjung tinggi norma kesopanan tanpa mengurangi kewajiban untuk menegakkan keadilan.
 
"Mengimbau Alvin Lim agar objektif dalam menyampaikan pernyataan baik berupa saran, pendapat atau kritikan kiranya dapat dilakukan secara lebih santun dan selalu menghargai prestasi Polri dan kejakasaan dalam mereformasi birokrasi di Institusinya masing–masing," kata dia.
 
Boy Kanu mengingatkan Alvin Lim selalu menjunjung tinggi asas praduga tidak bersalah (presumption of innocence) dan tidak menggunakan sarana media sosial untuk menyatakan pendapatnya yang dapat dinilai telah menghakimi seseorang yang belum tentu bersalah di mata hukum. Imbauan Boy Kanu ini merujuk pernyataan yang disampaikan Alvin Lim dalam video YouTube pada 20 Januari 2022.
 
Baca: Celoteh Alvin Lim Dinilai Rusak Reputasi Polri
 
Terakhir, Boy Kanu mengingatkan Alvin Lim agar dalam menyampaikan pendapatnya dilakukan secara santun dan lebih beretika. "Diharapkan agar Alvin Lim tidak menggurui atau meremehkan kinerja Aparat Penegak Hukum (Polri dan kejaksaan) yang sebenarnya telah bertindak secara profesional," kata Ketua Umum Peradi Bersatu itu.
 
Sebelumnya, pengacara Razman Arif Nasution menyatakan celotehan-celotehan Alvin Lim yang dinilai telah menghujat institusi Polri telah merusak reputasi profesi advokat di Indonesia. Kepolisian diminta memproses hukum Alvin Lim.
 
"Apa yang disampaikan Alvin Lim bahwa Polda Metro Jaya mengatur-atur perkara, itu kan bukan fakta. Jadi diproses hukum saja," ujar Razman.
 
Saat coba dikonfirmasi, Ketua LQ Indonesia Law Firm tidak merespons. Dia bahkan tidak mengangkat telepon.
 
Sebaliknya, Kabid Humas LQ Indonesia Law Firm Sugi di beberapa media merespons tudingan terhadap pendiri firmanya dengan meminta Razman lebih baik mengurus kliennya sendiri. Dia menuding Razman sebagai pahlawan kesiangan.
 
"Malah mencampuri klien LQ dan seolah 'pahlawan di siang bolong', mau bela Kapolda Metro Jaya," kata dia dalam rilis kepada Media, Selasa, 25 Januari 2022.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif