Lambang KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Lambang KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto.

KPK Bakal Serahkan Aset Koruptor ke Kejagung dan BNN

Nasional kpk
Juven Martua Sitompul • 19 Februari 2019 23:36
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menyerahkan sejumlah aset hasil rampasan dari koruptor untuk Kejaksaan Agung dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Penyerahan barang hasil rampasan itu dilakukan dengan mekanisme Penetapan Status Penggunaan (PSP).
 
"Besok, KPK berencana akan menyerahkan sejumlah barang rampasan dari proses hukum terhadap terpidana kasus korupsi yang ditangani KPK agar dapat digunakan untuk kepentingan penegakan hukum," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 19 Februari 2019.
 
Menurut Febri, nilai aset dari hasil rampasan beberapa perkara korupsi yang akan diserahkan ke dua institusi penegak hukum itu mencapai Rp110 miliar. Aset itu tersebar di Jakarta, Bali dan Sumatera Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain untuk meningkatkan sinergitas KPK dengan Kejagung dan BNN, disebut Febri, penyerahan aset koruptor ini juga sebagai peringatan kepada semua pihak untuk tidak mengumpulkan harta kekayaan melalui praktik-praktik rasuah.
 
"Bahwa jika kasus mereka ditangani maka kekayaan yang pernah dikumpulkan dalam kasus korupsi tersebut akan dirampas oleh negara, dan kemudian digunakan untuk kepentingan publik, termasuk diantanya menggunakan mekanisme PSP ini," kata Febri.
 
Kegiatan PSP itu akan digelar di Gedung KPK lama, sekitar Pukul 09.00 WIB, Rabu, 20 Februari 2019. Rencananya, acara penyerahan aset ini dihadiri langsung oleh kelima pimpinan KPK, Jaksa Agung M Prasetyo dan Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko dan jajaran.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif