ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Satgas Gabungan Berupaya Kejar KKB Papua

Nasional kelompok bersenjata di papua
Lukman Diah Sari • 26 Desember 2018 07:35
Jakarta: Polri masih mengejar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Mereka pun telah mengidentifikasi pimpinan dari KKB tersebut.
 
"Satgas gabungan masih berupaya maksimal untuk melaksanakan pengejaran kelompok KKB tersebut," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu, 26 Desember 2018.
 
Dedi menyebut ada sekitar 12 pimpinan KKB, antara lain Egianus Kogoya (EK) terkait penyerangan di wilayah Nduga. Pimpinan tertinggi dalam kelompok tersebut, yakni PU. Dia diyakini yang memberikan restu penyerangan di Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para pimpinan KKB tersebut juga beraksi di beberapa titik, yaitu Mampeduma, Kenuam, Nduga, dan Alguru. Dedi memastikan kini keamanan wilayah setempat terkendalikan dengan pengawasan yang ketat.
 
Kabid Humas Polda Papua AM Kamal mengatakan masih banyak anggota KKB yang dikejar hingga kini. Karyawan kontruksi yang hilang juga hingga saat ini belum ditemukan.
 
"Saat ini kita masih mencari 4 karyawan Istana Karya," ucap dia.
 
Penembakan terhadap warga sipil terjadi pada Sabtu 1 Desember dan Minggu 2 Desember 2018 di Papua. KKB menyerang belasan karyawan PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Aurak, Nduga, Papua.
 
Jembatan itu merupakan bagian dari program pembangunan Trans-Papua. Akibat kejadian itu 19 pekerja konstruksi dan seorang personel TNI tewas.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif