Ilustrasi. Media Indonesia.
Ilustrasi. Media Indonesia.

Terbukti Langgar Etik, Eks Plt Direktur KPK Dijatuhi Sanksi Teguran

Nasional kpk Dewan Pengawas KPK
Fachri Audhia Hafiez • 12 Oktober 2020 12:29
Jakarta: Mantan pelaksana tugas (Plt) Direktur Pengaduan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (Dumas KPK) Aprizal terbukti melanggar kode etik dan perilaku. Aprizal dijatuhi sanksi oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK.
 
"Menyatakan terperiksa bersalah melakukan pelanggaran etik dan pedoman perilaku," kata Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, saat membacakan amar putusan, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Perbuatan Aprizal dianggap menimbulkan suasana tegang yang tidak kondusif dan harmonis. Perbuatan tersebut dinilai bertentangan dengan Pasal 5 ayat (2) huruf a Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor: 02 Tahun 2020 tentang penindakan kode etik dan pedoman perilaku KPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dewas menjatuhkan sanksi berupa teguran lisan. Aprizal diminta tak mengulangi perbuatannya.
 
Baca: Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris Sembuh dari Covid-19
 
Selain itu, dia diminta menjaga sikap dan perilaku dengan menaati kewajiban dan larangan yang diatur etik dan pedoman perilaku KPK. Keputusan ini diketok Ketua Majelis Sidang Etik Tumpak Hatorangan Panggabean dan sebagai anggota Albertina Ho serta Syamsuddin Haris.
 
Majelis mencatatkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan hukuman. Hal yang memberatkan Aprizal dinilai tidak menyadari pelanggaran yang telah dilakukan.
 
Sedangkan hal yang meringankan, Aprizal belum pernah dihukum atas pelanggaran kode etik atau perilaku. Kemudian dia kooperatif sehingga persidangan berjalan lancar.
 
Aprizal diperiksa Dewas KPK atas dugaan pelanggaran etik dalam OTT yang sempat menyeret Rektor UNJ Komarudin. OTT dianggap dilaksanakan tanpa koordinasi. Sehingga Aprizal disangkakan melanggar pedoman perilaku sinergi pada Pasal 5 ayat (2) huruf a Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor: 02 Tahun 2020.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif