Terpidana korupsi Anas Urbaningrum. MI/Rommy Pujianto
Terpidana korupsi Anas Urbaningrum. MI/Rommy Pujianto

Diskon Hukuman Anas Urbaningrum Buat Kerja KPK Sia-sia

Nasional kpk kasus korupsi kasus hambalang Mahkamah Agung RI
Fachri Audhia Hafiez • 01 Oktober 2020 13:33
Jakarta: Pemotongan hukuman terpidana korupsi dan pencucian uang proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional Hambalang, Anas Urbaningrum, disesalkan banyak pihak. Diskon hukuman yang diberikan Mahkamah Agung (MA) dalam putusan peninjauan kembali (PK) itu membuat kerja KPK menjadi sia-sia.
 
"Kinerja penegak hukum, dalam hal ini KPK, akan menjadi sia-sia saja," kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, dalam keterangan tertulis, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Putusan yang kerap memangkas hukuman terpidana korupsi ini juga akan berdampak pada rasa keadilan masyarakat. Harapan untuk membuat efek jera bagi pelaku korupsi semakin sirna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengubur rasa keadilan masyarakat sebagai pihak paling terdampak praktik korupsi," tegas Kurnia.
 
Baca: MA Diskon Hukuman Anas, KPK Angkat Tangan
 
Tren vonis berdasarkan catatan ICW pada 2019 menunjukkan rata-rata hukuman untuk pelaku korupsi hanya 2 tahun 7 bulan penjara. ICW menuntut MA mengevaluasi penempatan hakim-hakim yang kerap menjatuhkan vonis ringan kepada pelaku korupsi.
 
Kemudian KPK harus mengawasi persidangan-persidangan PK. Selanjutnya Komisi Yudisial (KY) mesti aktif memonitor hakim yang memutus PK.
 
"KY turut aktif terlibat melihat potensi pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Hakim yang menyidangkan PK perkara korupsi," ujar Kurnia.
 
Sebelumnya, Mahkamah Agung memotong hukuman terpidana kasus korupsi Anas Urbaningrum dari 14 tahun menjadi 8 tahun. Hakim MA menilai terdapat kekhilafan hakim. Anas disebut hakim tidak terbukti melobi pemerintah untuk mendapat proyek tersebut.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif