Kapolri Jenderal Idham Azis. Istimewa
Kapolri Jenderal Idham Azis. Istimewa

Penanganan Kejahatan Transnasional Perlu Sinergi Penegak Hukum

Nasional polri kapolri kejahatan internasional
Siti Yona Hukmana • 05 Desember 2020 04:14
Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan penanganan kejahatan transnasional perlu melibatkan seluruh aparat penegak hukum. Sebab, kejahatan transnasional berbentuk komprehensif memerlukan penanganan yang tepat, cepat, dan sinergis.
 
"Sehingga diperlukan upaya optimal dan keterlibatan aktif, serta koordinasi yang baik dari seluruh kementerian dan lembaga serta aparatur penegak hukum," kata Idham dalam acara pengukuhan Tim Koordinasi Interpol Indonesia 2020, Jumat, 4 Desember 2020.
 
Idham berharap Tim Koordinasi Interpol Indonesia menjadi forum yang bersifat koordinatif dalam rangka kerja sama memahami perkembangan aktual tindak kejahatan transnasional. Tim Koordinasi Interpol harus meningkatkan partisipasi aktif dan merespons cepat tugas Interpol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di antaranya, upaya mencegah dan memberantas kejahatan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai bentuk ancaman kejahatan transnasional. Kemudian, berinovasi, penyempurnaan penanganan, dan evaluasi kerja.
 
Baca: Menlu: Adaptasi dan Kerja Sama Kunci Penyelesaian Kejahatan Lintas Negara
 
Tugas itu dinilai dapat mewujudkan sistem kerja yang adaptif, modern, fleksibel, dapat membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak. Kemudian, tim koordinasi harus menjalin kekompakan dan sinergi yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan.
 
"Ini bukan tentang siapa yang hebat, tetapi tentang kebersamaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun," ujar mantan Kabareskrim itu.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif