Pelaksana tugas juru bicara KPK Ipi Maryati Kuding. Foto: MI/Galih Pradipta
Pelaksana tugas juru bicara KPK Ipi Maryati Kuding. Foto: MI/Galih Pradipta

KPK Minta Seluruh Pejabat Negara Segera Serahkan LHKPN

Nasional KPK lhkpn pencegahan korupsi
Candra Yuri Nuralam • 10 September 2021 06:35
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengultimatum pejabat yang belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Pejabat yang belum menyerahkan LHKPN diminta segera melakukan kewajibannya.
 
"KPK mengimbau kepada penyelenggara negara baik di bidang eksekutif, yudikatif, legislatif, maupun BUMN/D yang belum menyampaikan laporan kekayaannya agar segera memenuhi kewajibannya," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ipi Maryati kepada Medcom.id, Jumat, 10 September 2021.
 
Ipi mengatakan penyampaian LHKPN bagi penyelenggara negara hukumnya wajib. Pelaporan LHKPN perlu dilakukan setiap tahun untuk mencegah korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagai salah satu instrumen penting dalam pencegahan korupsi, LHKPN mengedepankan asas transparansi, akuntabilitas, dan kejujuran dari para penyelenggara negara," ujar Ipi.
 
Pejabat yang belum menyerahkan LHKPN diminta tidak asal mengisi. LHKPN harus diisi secara jujur, meski terlambat.
 
"Karenanya, KPK meminta penyelenggara negara untuk menyampaikan LHKPN-nya tidak hanya tepat waktu, tetapi juga secara benar, jujur, dan lengkap," tutur Ipi.
 
Masyarakat diminta aktif memantau kekayaan pejabat di daerahnya. Harta kekayaan para pejabat bisa dipantau melalui situs www.elhkpn.kpk.go.id.
 
Baca: KPK Temukan 52 LHKPN Fikfif Milik Pejabat Eksekutif   
    
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif