NEWSTICKER
Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

KPAI: Modus Kejahatan Eksploitasi Anak Berbasis Siber

Nasional prostitusi
Zaenal Arifin • 18 Februari 2020 06:38
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai modus kasus eksploitasi seksual dan perdagangan anak terus berkembang. Hal ini yang membuat bisnis haram tersebut sulit dideteksi.
 
"Kalau dulu menggunakan pola-pola manual, tapi saat ini sudah berbasis siber," kata Ketua KPAI Susanto dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA), Jakarta, Senin, 17 Februari 2020.
 
Susanto mengatakan beberapa korban perdagangan manusia dan kasus kejahatan seksual anak yang dilaporkan kepada KPAI berawal dari penggunaan gawai. Anak-anak yang dilaporkan disebut rajin berselancar di media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu ini warning (peringatan) buat semua, baik guru, orang tua dan masyarakat Indonesia," ujarnya.
 
KPAI: Modus Kejahatan Eksploitasi Anak Berbasis Siber
H, tersangka bisnis prostitusi anak. Foto: Medcom/Siti Yona Hukmana
 
Menurut dia, dulu sebelum ada gawai, orang tua meminta anaknya untuk berada di rumah sebelum petang. Sebab, diam di rumah dianggap cukup aman dari kejahatan.
 
"Tapi saat ini di rumah belum tentu aman, karena yang bersangkutan (anak) bermain gadget (gawai), yang belum tentu literasinya mampu dimengerti oleh anak," ujarnya.
 
Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Piter Yanottama mengatakan informasi lowongan pekerjaan di media sosial menjadi salah satu modus eksploitasi seksual terhadap anak-anak saat ini. Mereka dijanjikan bekerja di sebuah rumah makan dan kebanyakan dari mereka berasal dari luar Jakarta.
 
"Untuk saat ini modus tren kejahatannya (eksploitasi seksual anak) adalah diawali menebar informasi-informasi yang menggiurkan terutama soal lapangan kerja di medsos," kata Piter.
 

 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif