NEWSTICKER
Dua belas tersangka ditangkap dalam kurun waktu Februari hingga Maret 2020. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Dua belas tersangka ditangkap dalam kurun waktu Februari hingga Maret 2020. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Lima Komplotan Pencuri Motor Ditangkap

Nasional pencurian curanmor
Siti Yona Hukmana • 19 Maret 2020 21:21
Jakarta: Empat kelompok pencuri kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek), ditangkap polisi. Dua belas tersangka ditangkap dalam kurun waktu Februari hingga Maret 2020.
 
Kedua belas tersangka itu yakni FA, AJ, H, FH, AL, FMB, MFH, G, I, RA, A, dan J. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan kedua kelompok itu beraksi di tempat yang berbeda.
 
"Tapi, modusnya sama. Mereka berpatroli, keliling untuk cek kendaraan mana yang kebetulan korbannya lengah dan terparkir di tempat yang sepi. Kemudian, mereka beraksi," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 19 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


FA beraksi seorang diri. Dia mencuri motor seorang karyawan perusahaan swasta di daerah Cilincing, Jakarta Utara pada 28 Februari 2020. FA mengaku telah mencuri motor tujuh kali dalam kurun waktu empat bulan.
 
Baca: Polisi Tangkap Tiga Residivis Curanmor di Jakut
 
Kemudian, AJ mencuri sepeda motor di daerah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada 13 Maret lalu. Dalam melancarkan aksinya, AJ dibantu rekannya berinisial E yang masih berstatus buron.
 
"Kendaraan hasil curian itu dijual kepada penadah berinisial H seharga Rp2 juta per unit," ujar Yusri.
 
Kelompok FH dan AL biasa beraksi di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Kemudian, mereka menjual kendaraan hasil curian melalui media sosial Facebook.
 
"Dijual melalui facebook dengan sistem COD (cash on delivery) atau bayar di tempat. Mereka janjian bertemu di pinggir jalan atau stasiun (dengan calon pembeli)," ucap Yusri.
 
Selanjutnya, kelompok AAT. Yusri menyebut, dalam kelompok ini ada empat tersangka. Yakni AAT, FMB, MFJ, dan G. Yusri mengatakan, empat tersangka itu kerap beraksi di Depok, Jawa Barat.
 
"G merupakan otak pencurian dari kelompok ini. Mereka mengaku baru empat kali melakukan aksi curanmor," imbuh Yusri.
 
Terakhir, kelompok Lampung yang juga beranggotan empat orang. Mereka ialah I, RA, A, dan J. Kelompok Lampung ini kerap beraksi di daerah Tangerang Selatan.
 
"Pengakuannya baru beraksi dua kali dan mereka menjual kendaraan hasil curian melalui Facebook dengan cara COD juga," pungkas Yusri.
 
Kedua belas tersangka telah ditahan. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman tujuh tahun penjara. Sementara penadah dijerat Pasal 480 KUHP, dengan ancaman empat tahun penjara.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif